Halaman

Arti Sebuah Nama Yahya

Sebelumnya Mas ahya sudah menulis tentang  keuntungan nama yang baik, tulisan nya sebenarnya simpel tetapi dalam maknanya. Sekarang disini mas Ahya akan memberikan contoh panjang tentang Arti sebuah nama yahya. Ini adalah nama Asli pertama dari Mas Ahya.

Semoga pemberian nama dari Orang tua ini bisa menjadikan Mas ahya seperti penjelasan berikut.

Yahya adalah sosok keturunan dari Zakaria As, seorang nabi. Setelah beliau As menemui Maryam ibunda Isa As yang ketika itu  masih gadis sedang beribadah dan berkhidmah di Baitul Maqdis dan mendapati di tempat Maryam makanan yang beraneka ragam dari tumbuhan padahal tidak ada seorang pun yang datang kepada nya. Setelah ditanya ternyata makanan pemberian Rizki dari Allah. Melihat kekuasaan Allah tersebut tersirat dalam hati Zakaria berdoa untuk diberikan keturunan.

Menurut logi kita saja mendatangkan makanan tanpa ada orang yang menghantar saka Allah bisa, merupakan suatu keniscayaan untuk memberikan Anak. Kemudian Allah SWT mengabulkan doa Zakaria As dengan memberikan Anak



Artinya : kemudian malaikat (jibril) memanggil zakaria sedang ia tengah berdiri sedang sholat di mihrabnya : " sesungguhnya Allah telah menggembirakan mu dengan kelahiran Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi panutan, pandai menahan hawa nafsu dan seoarng Nabi termasuk keturunan orang-orang sholeh.

<Beli Rumah Di Balikpapan klik Disini  >


Sekarang Anda dapat mengenal Nama Yahya dalam tafsir ibnu katsir jilid 2 seperti ini

1. Nama Yahya As berarti '' Karena Allah menghidupkannya dengan keimanan'' menurut Qatadah dan ulama lain pada masanya.

2. Yahya As memiliki sifat " Mushoddiqon bikalimati minnallah'' yang membenarkan kalimat ( yang datang ) dari Allah.

Yahya adalah nabi dan orang pertama yang membenarkan kalimat dari Allah, Isa bin Maryam As, padahal beliau lebih tua dari Isa As. 

3. Yahya As menjadi '' Sayyidan '' ( menjadi panutan/ ikutan). Sebagaimana yang dikatakan Qatadah, ar Rabi bin anas '' Orangnya penyantun, sebagai panutan dalam (hal) ilmu dan ibadah.

Sayyidan juga bisa berarti yang memiliki sifat santun, penuh dengan ketakwaan, menjadi panutan dalam hal akhlak dan Agamanya serta tidak pernah dikendalikan oleh amarahnya, seperti yang dinukil ulama ibnu dhahhak, ikrimah, ibnu abbas dan ats tsauri.

Ulama lainnya juga ada yang menafsirkan Sayyidan dengan '' Orang yang mulia, Mulia disisi Allah'' 

4. Yahya As memiliki sifat ( Husuran) '' Pandai menahan diri ''

Nabi Yahya As adalah pribadi yang menahan dirinya dari nafsu syahwat

5. Yahya As merupakan '' Nabiyan minassholihin'' Merupkan Orang sholeh dan Nabi yang dipilih

6. Yahya As merupakan orang yang '' yusari'una fil khoirat'' orang yang segera dalam hal kebaikan ( Surat Al-anbiya ayat 90 )

7. Yahya As pribadi yang jika berdoa kepada Allah penuh harap dan cemas (Surat Al-Anbiya ayat 90)

8. Yahya As senantiasa khusuk dalam beribadah ( Surat Al-Anbiya ayat 90 )

Ini salah satu contoh arti sebuah nama yang banyak mengandung do'a didalamnya selayaknya begitu juga dalam memberikan nama kepada anak. 

Selanjutnya "' NASRULLAH '' memiliki arti dengan pertolongan Allah. Hanya dengan pertolongan Allah semata sifat-sifat diatas dapat menjadi sifar untuk Yahya Nasrullah alias Mas Ahya. Semoga pertolongan Allah atas sifat-sifat orang saleh melekat pada diri kita, Aamiin,,

Baca juga kupas habis nama Fatimah Arraihanah anak mas Ahya

<Beli Rumah Di Balikpapan klik Disini  >

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...