Halaman

Cara mengatasi bayi tersedak

Anak tiba-tiba tersedak karena makanan atau benda asing yang tertelan?  perlu cara tepat untuk menanganinya, cepat mengatasi bayi tersedak agar tidak kasep alias terlambat yang berunjung kematian.

Penyebab yang  sering terjadi adalah kesalahan posisi saat menyusui sambil tiduran. Hal ini menyebabkan makanan/minuman atau benda kecil menyumbat saluran tenggorokan atau menutup saluran pernapasan sehingga menghalangi oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otak. jika berlangsung  selama 5 menit tanpa oksigen, kondisi ini bisa membahayakan otak dan menyebabkan kematian.

Penyebab Bayi Tersedek


Tersedak yang sering terjadi pada bayi yang usianya di bawah enam bulan dikarenakan pada usia ini refleks menelan si bayi belum sempurna. Rongga pernafasannya juga belum mampu membesar secara optimal sehingga ia belum bisa mengatur jalannya udara, cairan, atau makanan padat yang masuk ke mulut.

Gejala Bayi dan Anak Tersedak Mulai Parah


1. Bibir atau kulit membiru
2. Tidak mampu menelan
3. Tidak bisa bicara, menangis, atau bersuara
4. Sulit bernapas 

Jila serpihan makanan atau cairan masuk ke saluran pernafasan akan mengakibatkan jalan udara tertutup yang  berakibat bayi /anak mengalami gagal nafas. Dampak dari gagal napas ini bermacam-macam, dari bayi membiru hingga ke tidak sadar.

5. Kehilangan kesadaran


Pertolongan yang dapat dilakukan


Jika tersedak pada saat menyusui atau memberikan makanan maka istirahatkan bayi untuk melihat kondisi apakah bayi dapat bernafas kembali atau tidak. jika setelah tersedak bayi tidak bisa bernafas sama sekali, dengan ditandai  dada bayi tidak bergerak naik atau turun, orang tua perlu melakukan metode penyelamatan  sebagai pertolongan pertama.

cara mengatasi bayi tersedak dengan  mengeluarkan benda asing yang menyumbat saluran pernafasan tanpa intervensi alat apa pun dari luar. perlakuan ini diterapkan pada anak di atas satu tahun ataupun di bawah satu tahun.

1. Cara pertama telungkupkan anak, posisi kepalanya menghadap ke bawah letakkan bayi di lengan Anda dengan kepala lebih rendah dari tubuhnya. Jangan sampai tangan penolong menghalangi atau menutup mulut bayi


mengatasi bayi tersedak


2. Cara Kedua Sangga bagian dada bayi dengan tangan, kemudian tepuk punggungnya secara perlahan. cara meakuakan dengan menggunakan 2 jari untuk menepuk-nepuk bagian tulang dadanya sebanyak 5 kali hentikan jika si kecil mulai batuk dan mengeluarkan benda yang ditelannya. Jika benda penyebab bayi tersedak tidak dapat keluar,  Harus diperhatikan, jika benda di mulut bayi sudah terlihat, segera keluarkan dengan jari.


mengatasi bayi tersedak

Catatan : Jika tersedak saat menyusu lakukan dengan cara gamabar pertama jika tidak berhasil cara gambar kedua, gambar kedua dan ketiga dilakukan terutama jika menelan makanan atau benda asing lainnya.
3.Cara ketiga untuk Kasus anak usia di atas setahun dapat dilakukan dengan cara Penolong berdiri di belakang anak dan peluk anak di bagian pinggangnya. Selanjutnya beri sentakan pada perut atau di bawah bagian tulang iga. Lakukan sentakan ini beberapa kali sampai benda yang membuat anak tersedak keluar.

mengatasi bayi tersedak
Langkah menekan perut dan menepuk Pundak

mengatasi bayi tersedak
Gambar menepuk Pundak



4. Jika anak masih sulit bernapas, ulangi lagi langakah diatas sesuai dengan umur bayi. Bila ia tidak sadarkan diri, segera bawa ke rumah sakit.
Catatan :
Penolong sangat dilarang mengambil benda yang membuat bayi tersedak dengan jari (mengorek) sebelum benda tersebut terlihat. Sebab, bila tindakan ini dilakukan, dikhawatirkan benda yang ada dalam mulut bayi justru terdorong lagi ke dalam.

Tips  bayi agar tidak tersedak 


1. Pada saat menyusui gunakanlah posisi yang tepat, cara yang terbaik dengan duduk dalam posisi tegak atau setengah duduk, sementara bayi digendong posisi bayi agak tinggi, letakkan bantal di bawah kepalanya.

2. Ketika anak mulai mengonsumsi makanan padat, potonglah makanan kecil-kecil, atau berikan makanan yang lunak dan bertekstur lembek.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...